Memaksimalkan Kaos Distro di Social Media

social-media

Untuk mengembangkan bisnis kaos distro menggunakan social media ada beberapa langkah yang mesti anda lakukan:

Menentukan tujuan

Dalam bisnis apapun menentukan tujuan adalah wajib hukumnya, karena dengan memiliki tujuan yang jelas anda akan fokus dalam menentukan langkah-langkah apa saja yang akan ditempuh. Dan tentunya anda akan lebih mudah menyusun rencana-rencana yang bisa diwujudkan.

Dalam menentukan tujuan ini anda perlu menuliskan secara spesifik jenis bisnis yang akan anda jalankan, yaitu bisnis kaos distro. Dan tuliskan hasil yang ingin anda capai, hasil ini harus terukur kalau omzet atau profit, berapa rupiah yang ingin anda capai?

Cari tahu apa yang diinginkan pasar

Lakukan riset terhadap calon customer melalui social media, apa yang mereka inginkan. Desain apa yang tengah menjadi bahan pembicaraan di social media. Pelajari karakter calon pembeli. Seperti apa gaya hidup mereka. Bagaimana mereka peduli terhadap produk kita nantinya. Dengarkan apa yang dikeluhkan oleh orang-orang di social media agar kita tidak melakukan kesalahan yang sama.

Pebisnis yang baik adalah yang mampu menjadi pendengar yang baik, dengan mendengar berbagai macam hal dari penggiat social media anda akan lebih mudah untuk merancang dan menerapkan strategi untuk mempromosikan bisnis kaos distro anda di social media.

Menentukan saluran social media

Menentukan jenis saluran media yang akan digunakan untuk  mempromosikan kaos distro yang menjadi bisnis anda. Anda harus menentukan akan memakai toko online atau blog, fan page facebook, twitter atau social media yang lain. Bangun saluran social media ini dengan baik, lakukan update dengan konten-konten yang relevan dengan bisnis anda. Hal ini untuk meningkatkan traffic pengunjung agar terbangun prospek yang akan membeli kaos distro anda.

Membangun tim yang solid

Dalam menjalankan bisnis kaos distro, anda memerlukan tim yang solid. Karena kegiatan marketing melalui social media tidak bisa dijadikan sambilan, melainkan harus fokus dan konsisten. Tim anda harus memiliki gairah dalam kegiatan di social media, karena dalam kegiatan ini perlu membangun konten yang baik, berkualitas dan disiplin dalam proses updating. Konten yang anda bangun harus memberikan nilai tambah bagi pembaca sehingga akan tumbuh kepercayaam terhadap produk yang anda tawarkan.

Hal yang harus dihindari adalah melakukan spam. Karena alih-alih meningkatkan penjualan, spam malah menimbulkan ketidakpercayaan dan pada akhirnya menimbulkan keengganan calon pembeli untuk membeli produk anda.

Lakukan analisa dan optimalisasi

Agar bisnis anda berjalan secara berkelanjutan maka harus dilakukan analisa dan pengukuran, serta lakukan perbaikan berkelanjutan. Bagian ini adalah tahap yang cukup sulit, tapi bila anda mampu melakukan ini maka keberlangsungan bisnis anda akan terjaga dan memungkinkan untuk naik ke level berikutnya.

Anda harus mengoptimalkan seluruh saluran social media yang digunakan, baik itu toko online, blog, fans di fan page Facebook, follower twitter dan lain-lain. Proses bisnis melalui social media tidak ada yang instan, semua perlu proses. Jadi yang selalu dijaga adalah fokus, disiplin dan konsisten dalam membangun konten.

http://shirthappen.com

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.