Kaos Film: Why Dont You Wear Your Favourite Movies?

BP-04-kaos-distro

Peluang bisnis kaos atau t-shirt distro memiliki potensi keuntungan yang sangat b­­­­­­­esar bila anda tahu pangsa pasar yang akan dibidik. Karena pangsa pasarnya yang sangat luas terkadang membuat para pebisnis kebingungan dalam menentukan pangsa pasarnya. Oleh karena itu anda perlu menentukan sedetail mungkin niche sebelum terjun ke bisnis kaos.

Salah satu pertimbangan untuk menentukan pangsa pasar adalah jenis desain seperti apa yang akan dicetak atau sablon ke kaos. Salah satu desain yang mungkin bisa menjadi pertimbangan adalah kaos dengan tema film. Dengan membidik segmen penggemar film, artinya anda sudah fokus terhadap niche dan kelompok calon customer yang akan menjadi sasaran bisnis kaos tersebut.

Sebelum memulai bisnis kaos dengan tema film ada beberapa faktor yang perlu anda pertimbangkan, diantaranya:

Riset judul film

Sebelum memproduksi kaos anda perlu melakukan riset untuk mengetahui judul film apa yang sedang atau kemungkinan akan disukai oleh penonton. Caranya anda bisa memilah menjadi film yang akan rilis atau film yang menjadi box office.

Untuk membuat desain film yang akan rilis anda bisa melakukan browing dan riset ke website Cinema21 atau Blitz Megaplex untuk di Indonesia. Untuk website luar negeri salah satunya di IMDb.com, di website tersebut anda bisa mengetahui film-film yang akan dirilis hingga beberapa bulan ke depan.

Tetapi kelemahan mendesain kaos dengan tema film yang akan dirilis ada resiko yang cukup besar bila film tersebut tidak digemari oleh penonton, sedangkan kaos sudah terlanjur diproduksi, kemungkinan besar kaos tidak akan laku di pasaran. Hal ini bisa diantisipasi dengan menggunakan teknik sablon DTG dimana produksi kaos bisa dibuat secara satuan. Tetapi bila ternyata film itu menjadi box office maka anda sudah selangkah di depan dengan kaos yang telah diproduksi, jadi ketika euforia tentang film tersebut terjadi anda siap dengan kaos yang sudah siap untuk dijual.

Untuk mengetahui apakah film-film yang akan dirilis kemungkinannya akan box office atau tidak anda bisa melakukan riset perbincangan di social media atau forum komunitas penggemar film. Kalau tingkat perbincangannya tinggi maka kemungkinan besar akan box office.

Yang kedua mendesain film yang sudah box office. Keuntungannya pasar sudah terbentuk karena pnggemarnya banyak, tetapi yang perlu diingat jangan sampai anda terlambat memasarkan desain kaosnya. Karena bila anda terlambat masuk pasar, momentum sebuah film itu sangat cepat berlalu sehingga bila terlambat maka kaos anda sudah tidak menarik lagi.

Menentukan desain

Anda harus menentukan desain film yang akan anda cetak, apakah hanya tulisan judulnya saja, atau sekuel filmnya dan pemeran utamanya yang akan dicetak ke kaos. Karena penentuan desain akan mempengaruhi teknik sablonnya.

Menentukan jenis sablon

Bila desain yang akan dicetak ke kaos berupa tulisan judul saja, bisa disablon secara manual. Tetapi bila desainnya image yang berupa sekuel film dengan tampilan seperti foto maka anda perlu mencetak dengan teknik digital supaya mendapatkan hasil sablon yang sesuai dengan desain.

Pemasaran

Pemilihan waktu dalam memasarkan kaos sangat penting. Anda harus memasarkan pada saat euforia atau tingkat popularitas film itu sedang tinggi. Anda bisa mempromosikan desain kaos anda di social media atau komunitas penggemar film.

Buat kamu yang ingin ber-bisnis kaos film secara instant, kini ada SHIRTHAPPEN yang menyediakan koleksi kaos bertema film. Tidak perlu pusing soal design, produksi, stock, atau pengiriman karena semua itu sudah otomatis. Tinggal fokus untuk mencari pelanggan dan berjualan saja. Berminat? Silahkan mencoba.

Sumber: http://shirthappen.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.