Lebih Dekat dengan Pemilik Kaos Distro UNKL347

dendy-darman

Ketika mendengar Bandung pasti identik dengan industri kreatifnya. Hal ini tidak lepas dari institusi pendidikan yang ada di Bandung menghasilkan begitu banyak talenta-talenta muda yang penuh kreasi dan inovasi. Maka tidak heran ada begitu banyak kreatifitas yang dihasilkan dari kota Bandung, salah satunya adalah seni desain. Hasil dari seni desain ini salah satunya adalah distro clothing, dan ketika bicara tentang distro clothing atau kaos distro pastinya tidak lepas dari yang berikut ini.

Salah satu talenta muda dunia kaos distro ditahun 90-an adalah Dendy Darman, ia adalah pemuda kelahiran Makassar yang menghabiskan masa remajanya disana, hasrat dan minatnya yang besar terhadap seni rupa dan grafis membawanya merantau ke Bandung untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB.

Passionnya yang kuat terhadap seni desain grafis membuat Dendy Darman sering mengaktualisasikan hasil berkeseniannya pada media kaos distro. Selain pada desain grafis ia juga sangat tergila-gila dengan musik. Keterlibatannya dengan komunitas band indie ternyata membuka jalan baginya untuk memproduksi kaos hasil desainnya yang dipakai oleh personel band indie. Selain mendesain kaos Dendy juga aktif mendesain cover album band-band indie.

Setelah Dendy Darman kos di Jalan Dago 347 kegiatannya dalam mendesain semakin intens.Tempat kos ini menjadi base camp band indie dan komunitas pencinta desain. Pada tahun 1996 dari rumah kos di jalan Dago 347 ini Dendy Darman memulai bisnis kecil-kecilan, bermodalkan kecintaannya pada desain grafis yang diaplikasikan pada teknik sablon pada kaos distro. Dari nomer rumah kos ini brand UNKL347 berasal.

Dari promosi mulut ke mulut dan efek dari kaos distro hasil desainnya yang sering dipakai oleh personel band indie, maka kaos distro produksi Dendy Darman semakin dikenal oleh pencinta musik indie tak terkecuali dengan komunitas surfing dan skateboard. Seiring berjalannya waktu clothing 347, yang merupakan brand awal dari UNKL347, semakin mendulang kesuksesan.

Pada akhir tahun 2006 brand 347 berevolusi menjadi UNKL347. Outletnya yang berada di Jalan Trunojoyo, Bandung  selalu dipenuhi oleh pembeli. Selain di Bandung dan kota-kota besar di Indonesia UNKL347 juga berekspansi ke luar negeri seperi Australia, Singapura, Jerman dan Selandia Baru.

Setelah berjalan sekian lama kini kaos distro UNKL347 telah memiliki ratusan karyawan. Dengan semakin banyaknya karyawan, Dendy dan ketiga pendiri UNKL347, Arifin Windarman, Anli Rizandi dan Lucky Widiantara, tidak bisa asal-asalan lagi karena perusahaan mereka menghidupi ratusan keluarga sehingga mereka harus memastikan bisnis kaos distro ini berjalan lancar. Karena menurut boards of directors UNKL347 ini, bisnis clothingnya tidak bisa berjalan dengan sistem saja. Karena bisnis clothing sangat tergantung dari kreatifitas desain, oleh karena itu mereka tetap turun langsung dalam operasional perusahaan untuk memastikan kreatifitas desain selalu terjaga.

Dari pengalaman Dendy Darman ada satu pelajaran yang bisa diambil bahwa untuk sukses kita harus sangat mencintai apa yang menjadi passion. Karena dengan passion kita bisa kuat menjalankan bisnis meskipun begitu kuat rintangan yang menghalangi langkah kita.

http://shirthappen.com


Comments

Lebih Dekat dengan Pemilik Kaos Distro UNKL347 — 2 Komentar

  1. Kang dendy darman, sy ingin konsul renovasi rumah kecil uk 4x14m.
    bagaimana caranya dan berapa biayanya. Trims

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.