Pusat Kaos Distro di Bandung

distro-bandung

Bandung, ketika mendengar atau membaca nama kota ini maka kesan pertama yang terlintas adalah fashion. Tak dipungkiri dari kota inilah trend setter fashion Indonesia berawal. Sama halnya dengan Paris yang menjadi trend setternya fashion dunia. Kesan kota Bandung begitu kuat pada industri fashion karena didukung oleh kreatifitas pelaku industrinya yang selalu mengeluarkan produk-produk yang inovatif.

Salah satu produk inovatif itu adalah Kaos Distro, sebuah kata yang berarti Distribution Store atau Distributor Outlet. Produk-produk yang ada di tiap distro diantaranya kaos distro yang tentu saja berbeda dengan kaos biasa umumnya, karena kaos distro memiliki desain eksklusif dan terbatas jumlah produksinya. Selain kaos distro juga ada celana jeans, sweater dan aksesoris seperti topi, ikat pinggang dan lain-lain.

Jalan Trunojoyo, Bandung bisa dikatakan sebagai tempat kelahiran distro di Indonesia. Karena dari Jalan Trunjoyo ini pertama kali muncul konsep distro. Kini di tempat ini telah berdiri puluhan outlet distro yang menawarkan beraneka produk kreatif. Distro-distro yang berada di Jalan Trunojoyo diantaranya UNKL347, Cosmic Joyhouse, Screamous, Romantic Silver, Diery dan masih banyak lagi.

Produk-produk distro di Jalan Trunojoyo ini keren-keren dan eksklusif. Maka tidak heran bila kawasan Jalan Trunojoyo ini dibanjiri pengunjung saat weekend oleh wisatawan dari luar Bandung.

Pusat Distro yang dari segi harga agak lebih miring bila dibandingkan dengan yang ada di Jalan Trunojoyo adalah di Parahyangan Plaza. Plaza yang terletak di sebelah selatan Mesjid Agung Bandung, dekat dengan Alun-alun Bandung dulunya merupakan pusat perbelanjaan aneka busana. Tetapi pasca reformasi tahun 1998 Parahyangan Plaza seperti mati suri hingga beberapa tahun. Seiring dengan makin populernya produk distro Bandung, maka Parahyangan Plaza ini berubah menjadi kawasan penjualan produk-produk distro hingga saat ini. Ada ratusan distro yang menempati parahyangan Plaza dari lantai 1 hingga lantai 4. Selain harganya terjangkau, produk-produk distro disini bervariasi mulai dari kaos distro, jaket, sweater, topi, ikat pinggang, dan souvenir dengan nuansa aliran musik hardcore atau metal.

Sebelum distro populer, Bandung lebih dulu terkenal dengan Factory Outlet atau FO. Para pencinta fashion bisa memuaskan nafsu belanjanya di factory outlet yang banyak tersebar di setiap sudut kota Bandung seperti di Jalan Dago, Jalan Riau, Jalan Sulanjana, Jalan Setiabudi dan masih banyak lagi. Selain menjadi surga belanja fashion, factory outlet di Bandung juga menjadi tempat nongkrong, karena biasanya outletnya dilengkapi dengan cafe. Jadi setelah capai berbelanja pengunjung bisa melepas penat dengan menikmati aneka sajian kuliner yang juga menjadi salah satu daya tarik Kota Bandung.

Ada hal yang sangan khas dari desain setiap distro dan FO di Bandung, yaitu mereka sangat concern terhadap desain interior dan desain eksterior. Setiap outlet memiliki desain unik yang menjadi ciri khasnya. Sehingga pengunjung seperti bukan mengunjungi toko fashion tetapi seperti mengunjungi galery seni dengan desain dan keunikan yang membuat pengunjung berdecak kagum dan betah berlama-lama untuk belanja.

Sumber: http://shirthappen.com


Comments

Pusat Kaos Distro di Bandung — 1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.