Usaha Sampingan: Kuliah Sambil Jualan Online

kuliah-online

Anak kuliahan saat ini sudah semakin kreatif saja dalam mencari penghasilan tambahan. Baik itu untuk kebutuhan kuliah maupun untuk tambahan jajan. Sehingga membuat mereka memutar otak bagaimana caranya untuk mendapatkan uang. Salah satu yang banyak dilakukan anak kuliah untuk menghasilkan uang tambahan adalah dengan jualan online.

Jualan online pada dasarnya hampir sama dengan jualan secara offline. Namun pemasaran yang dilakukan ialah melalui internet atau dunia maya. Berbagai barang dijual seperti pakaian atau busana baik untuk laki-laki, wanita dan anak-anak. Selain itu juga menjual aneka tas dengan model terbaru dan sedang ngetrend. Ada pula yang menjual perhiasan  atau aksesoris, sepatu dan berbagai barang lain yang bisa dijual lewat internet.

Biasanya  mereka hanya membutuhkan foto sebagai penarik pembeli serta catatan yang memberikan beberapa keterangan tentang barang tersebut. Semakin  bagus penampilan barang tersebut dalam foto maka semakin tinggi pula kemungkinan orang membelinya. Pada umumnya, untuk barang yang dijual berupa fashion atau pakaian maka akan memakai model yang cantik dengan tubuh seksi. Sehingga membuat pakaian tersebut terlihat semakin  menarik. Apapun dilakukan untuk membuat jualannya ini semakin laris dan banyak pembelinya.

Beberapa hal yang melatar belakangi anak kuliahan untuk melakukan bisnis jualan online ini adalah :

          Latar belakang ekonomi

Karena desakan ekonomi yang kurang memadai kadangkala membuat anak kuliah harus bekerja paruh waktu dengan jualan online. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan untuk menutupi kebutuhannya. Baik itu kebutuhan kuliahnya ataupun kebutuhan pribadi.

          Hobi atau kegemaran

Ada yang berjualan karena memang panggilan hatinya. Bukan masalah uang semata. Anak kuliahan yang seperti ini memang memiliki jiwa enterpreunership yang tinggi. Sehingga bagaimanapun keadaannya baik sudah mempunyai banyak uang atau tidak, ia akan tetap berjualan.

          Menjalankan bisnis keluarga

Ada pula yang berjualan online ini untuk melancarkan bisnis keluarga. Misalnya, ada kakak atau ibunya yang memiliki butik sendiri sehingga ia membantu keluarganya dengan cara memasarkan lewat internet. Sehingga bisnis keluarganya itu bisa semakin maju dan berkembang baik secara offline ataupun online.

Pada umumnya anak kuliahan yang berjualan online ini akan totalitas di sela-sela kegiatan perkuliahan dan tugas yang menggunung. Ia akan membuatkan toko online berupa website atau blog. Selain itu juga memiliki akun di berbagai media sosial baik itu fb, twitter, bbm dan whatsapp. Sehingga semakin memperluas jaringannya. Terkadang adapula yang membuat fanpages di facebook untuk  semakin membuat banyak orang mengenal produk-produk dari toko online-nya tersebut. Kreatifitas dan kegigihan mereka dalam berusaha serta harus pandai-pandai membagi waktu disela kesibukan kuliah itulah yang patut diacungi jempol.

Salah satu peluang usaha tanpa modal yang banyak menarik anak kuliahan adalah http://shirthappen.com. Ini adalah bisnis kaos online tanpa modal dimana setiap orang bisa melakukannya. Cukup dengan mempromosikannya melalui media social seperti Facebook, Twitter, atau melalui jaringan Blackberry, setiap hari bisa menghasilkan uang Rp 100.000,- dan mulai membangun bisnis kaos dengan merek sendiri. Semuanya tanpa modal. Jadi buat kalian yang tertarik untuk mendapat tambahan penghasilan juga, kenapa ngga mencobanya?

http://shirthappen.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.